Senin, 05 November 2012

Gerakan Sehari Tanpa Kantong Plastik

CAR FREE DAY – Wakil Walikota Tangerang mengikuti senam bersama saat Car Free Day di Jl.Veteran (Tugu Adipura), Minggu (28/10). 

Dalam memperingati hari sumpah pemuda Komunitas Earth Hour melakukan aksi Indonesia Diet Kantong Plastik (IDKP). Aksi ini dilakukan di Jl. Veteran (Tugu adipura ) saat Car Free Day Kota Tangerang, Minggu (28/10). Acara ini dihadiri juga oleh Wakil Walikota Tangerang yang ikut senam bersama dan juga memberikan penghargaan kampung hijau di Tangerang yaitu Bugel Mas, Pinang Griya, dan Pondok Surya. Diharapkan menjadi inspirasi bagi kampung-kampung lain untuk meningkatkan penghijauan. Wakil walikota juga menyapa warga yang berolahraga, mendatangi komunitas Tangerang Free style dan komunitas sepeda di sepanjang jalan M.Yamin.

Dalam aksinya earth hour menyediakan 200 reusable bag (tas yang bisa digunakan kembali)  yang bisa didapat masyarakat  dengan menukarkan 10 kantong plastik. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat membawa tas sendiri saat berbelanja, sehingga mengurangi pemakaian plastik yang didapat saat berbelanja. Plastik yang terkumpul nantinya akan diolah dan didaur ulang oleh Forum Kompos. Masyarakat diajak untuk lebih bijak dan diet dalam menggunakan plastik. Karena plastik sulit terurai oleh mikroorganisme bahkan membutuhkan waktu sampai 1000 tahun.

Plastic monster dihadirkan dalam Car Free day kali ini, yaitu manusia yang dibentuk dari plastik-plastik bekas. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk penolakan penggunaan plastik berlebihan. Plastik monster juga membawa pesan “saya bawa tas belanja sendiri karena menolak tas plastik”.

Car free day juga dihadiri kang nong banten 2012 dan HiLo Green Ambassador untuk mensosialisasikan Indonesia Diet Kantong Plastik. Tak hanya aksi diet kantong plastik, acara juga diisi dengan senam bersama, Marching band SMP Santa Maria 2, perkusi Anak Langit, donor darah atau cek tensi dimobil PMI, pameran kerajinan kresek oleh forum kompos dan bisa membaca buku di perpustakaan gratis depan Lapas Wanita Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar